Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Berita daerahPolitik

Maju di Pileg 2024, Profesi Ini Wajib Mundur Resmi atau Terancam Tereliminasi

746
×

Maju di Pileg 2024, Profesi Ini Wajib Mundur Resmi atau Terancam Tereliminasi

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – DJITUBERITA, Komisi Pemilihan umum (KPU) RI dan di tiap (KPU) masing – masing daerah menekankan syarat dukungan untuk maju sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) di pemilu serentak tahun 2024.

Khususnya bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang maju di memilihan legislatif (Pileg) pada pemilu 2024, diwajibkan harus mundur dari profesi jabatan struktural maupun fungsional.Termasuk Profesi ASN, TNI, Polri, direksi atau jabatan lembaga lain yang gajinya bersumber keuangan negara.

“Ini berlaku juga untuk beberapa profesi seperti kepala desa, perangkat desa, anggota badan permusyawaratan desa serta penyelenggara pemilu, panitia pemilihan dan panitia pengawas pemilu di berbagai tingkatan.

Jika mereka (bacaleg – red) tidak mundur secara resmi,bakal terancam tereliminasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aturan ini juga disampaikan ketua KPU Bangka Selatan Muhidin ketika dikonfirmasi awak media di kantor KPU Bangka selatan,senin (4/9/2023) siang.

Bahwa berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) pasal 11 nomor 10 tahun 2023.Bakal Calon legislatif (Bacaleg) diharuskan melepaskan jabatan sebelum tanggal 24 september – 3 Oktober 2023 di dalam tahapan percermatan rancangan (DCT).

Dari keterangan informasi KPU Bangka Selatan baru satu kepala desa Delas berbentuk (SK) Bupati terlampir yang resmi mengundurkan diri.  Sementara itu empat kepala desa lainnya yaitu kepala desa Bangka Kota, Paku, Payung, Tiram, serta Badan Perangkat Desa (BPD) desa Jeriji, Serdang, Tanjung Labu, Tepus dan nyelanding,untuk lembaga organisasi negara lainnya masih dalam proses surat permohonan pengunduran diri dimana tempat mereka bekerja yang belum mengeluarkan (SK) ,”terang Muhidin.

Hal ini Penting untuk kita himbau ! Sebab, KPU akan memasuki ke tahap berikutnya, bagi peserta pemilu yang sudah ditetapkan (DCS), diharapkan melaporkan tepat waktu agar tidak tereliminasi dari pencalonan pileg 2024 dari KPU setempat,sebelum ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT).

Untuk itu, KPU Bangka Selatan siap menerima konsultasi dan komunikasi dari peserta pemilu,kami optimis Pemilu 2024. Khususnya di kabupaten Bangka Selatan berjalan lebih baik dan lancar,”tutup dia.

Djituberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *