Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPangkalpinangPemerintahan

Bangka Selatan Raih Peringkat Tertinggi Penilaian Kinerja Penanganan Stunting di Babel

152
×

Bangka Selatan Raih Peringkat Tertinggi Penilaian Kinerja Penanganan Stunting di Babel

Sebarkan artikel ini
Foto-Template Istimewa.

Pangkalpinang-Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengumumkan hasil penilaian kinerja penanganan stunting kabupaten/kota yang berlangsung selama tiga hari, dari 19 hingga 21 Juni di Pangkalpinang

Kabupaten Bangka Selatan berhasil meraih peringkat tertinggi dalam penilaian ini, diikuti oleh Kabupaten Bangka dan Belitung Timur.

Menurut Kepala Bappelitbangda Bangka Selatan, Ir. Herman, SP., M.Eng, penilaian tersebut melibatkan pemaparan permasalahan, strategi, inovasi, dan hasil yang dicapai terkait kinerja stunting oleh seluruh kabupaten/kota. “Alhamdulillah, berdasarkan informasi pengumuman dari tim penilai, Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan predikat nilai tertinggi,” ujar Herman.

Kabupaten Bangka Selatan berhasil menurunkan angka stunting menjadi 20,3% pada tahun 2023 dari 23,0% di tahun 2022. Persentase keluarga berisiko stunting juga turun drastis menjadi 26,41% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 66,60%.

Untuk mencapai hasil tersebut, Pemkab Bangka Selatan meluncurkan berbagai inovasi program seperti Gardu Kemunting (Gerakan Terpadu Kendalikan dan Tuntaskan Stunting), Berkat Pasti (Bergerak Serentak Penurunan Stunting), Batu Belimbing (Bersama Bunda, Turun Benahi dan Lihat Tumbuh Kembang Anak Stunting), Layar Gading Ranting (Layanan Antar Jemput Cegah Rawat Darurat dan Stunting), Moge Promkes dan Nyuling (Motor Gesit Promosi Kesehatan dan Penyuluhan Keliling), Yuk Krio (Yuk Konsultasi Di Rumah Sakit Mengenai Informasi Kesehatan Secara Online), serta beberapa inovasi lainnya.

Herman menambahkan bahwa penanganan stunting di Kabupaten Bangka Selatan melibatkan berbagai stakeholder seperti TP. PKK Bangka Selatan, Instansi Forkopimda, serta pihak swasta seperti Bank SumselBabel dan perusahaan-perusahaan. “Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi kita semua untuk pencapaian ini,” katanya.

Penghargaan atas capaian ini akan diberikan kepada Kepala Daerah dalam waktu dekat. Selain itu, Tim Kementerian Kesehatan direncanakan akan berkunjung ke Bangka Selatan untuk melihat langsung inovasi dan strategi penanganan stunting yang telah berhasil diterapkan.

Sumber-Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *