Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
ArtikelProfile

PT Timah Tbk: Menembus Tantangan Global dengan Kontribusi Luar Biasa Bagi Negara

83
×

PT Timah Tbk: Menembus Tantangan Global dengan Kontribusi Luar Biasa Bagi Negara

Sebarkan artikel ini

DJITUBERITA – ARTIKEL, Rikky Fermana: Penanggungjawab KBO Babel/Ketua DPD PJS Babel

Seiring dengan perkembangan dinamika ekonomi global, banyak perusahaan terus berupaya menjaga performa finansial mereka agar dapat memberikan kontribusi kepada negara, pemegang saham, dan masyarakat. PT Timah Tbk (TINS), salah satu perusahaan tambang timah terbesar di Indonesia, adalah salah satu yang telah berhasil menghasilkan kontribusi signifikan pada negara selama semester pertama tahun 2023.

Dikutip dari Sinarharapan.Co., Menurut Corporate Secretary TINS, Abdullah Umar, perusahaan ini telah memberikan sumbangan sebesar Rp315,6 miliar kepada negara dalam bentuk pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) selama semester pertama tahun 2023. Pendapatan dari penjualan logam timah yang mencapai Rp4,57 triliun, EBITDA sebesar Rp533,6 miliar, dan laba tahun berjalan sebesar Rp16,2 miliar pada periode tersebut adalah bukti dari komitmen PT Timah untuk tetap menjaga kinerjanya dalam situasi ekonomi global yang penuh gejolak.

Namun, perlu dicatat bahwa kondisi ekonomi global telah memberikan tantangan tersendiri bagi PT Timah. Harga rata-rata logam timah yang dijual perusahaan sekitar 26.828 dolar Amerika Serikat (AS) per metrik ton selama semester pertama tahun 2023, namun harga komoditas ini tetap berfluktuasi. Faktor-faktor seperti peningkatan suku bunga dan inflasi di AS juga turut berdampak pada harga logam timah yang bersifat global.

Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, PT Timah terus berupaya untuk meningkatkan kinerjanya. Strategi efisiensi dan peningkatan produksi menjadi langkah kunci yang diambil perusahaan. Tujuannya adalah untuk terus memberikan kontribusi pajak dan PNBP yang signifikan kepada negara, selaras dengan komitmennya dalam mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Penting untuk mencatat bahwa PT Timah bukan hanya berfokus pada pertumbuhan bisnisnya, tetapi juga pada aspek-aspek sosial dan lingkungan. Dalam upaya menjaga dampak lingkungan tetap terkendali, perusahaan ini telah melibatkan diri dalam berbagai inisiatif keberlanjutan, termasuk upaya untuk meningkatkan praktik pertambangan yang ramah lingkungan.

Kontribusi pajak dan PNBP yang signifikan dari PT Timah selama empat tahun terakhir adalah cerminan dari upaya sungguh-sungguh perusahaan ini dalam mendukung pembangunan nasional. Pada tahun 2022, PT Timah bahkan meraih penghargaan Subroto 2023 dalam bidang PNBP Mineral dan Batu Bara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), atas tingkat kepatuhan pembayaran PNBP tertinggi.

Di tengah berbagai tantangan ekonomi global, PT Timah mampu mempertahankan kontribusinya kepada negara dan masyarakat. Perusahaan ini merupakan contoh yang inspiratif dalam upaya menjaga kinerja yang kuat, bahkan ketika gejolak pasar global terus berlanjut. Kesuksesan PT Timah harus dijadikan inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional, menjaga keseimbangan lingkungan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (Vilzar – red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *