Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185723-1.jpg
Artikel

Kreatifitas Out Of The Box ! Konteks Media Pers

324
×

Kreatifitas Out Of The Box ! Konteks Media Pers

Sebarkan artikel ini

ARTIKEL- (DJITUBERITA)
Istilah “out of the box” dalam konteks media pers atau jurnalistik mengacu pada pendekatan strategi yang tidak biasa, kreatif atau inovatif dalam penyampaian berita atau produksi konten media. Artinya, media tersebut berusaha untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang biasanya dilakukan oleh media lain, dengan harapan menarik perhatian audiens dan membedakan diri dari pesaing.

Pendekatan “out of the box” dapat mencakup beberapa hal seperti:

Iklan politik
https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185517.jpg

Jenis Konten: Menghadirkan konten yang unik dan tidak umum dalam pemberitaan. Misalnya, cerita-cerita yang menyoroti sisi-sisi tak terduga dari suatu peristiwa atau isu atau melaporkan topik-topik yang sering diabaikan oleh media mainstream.

Format Inovatif: Menggunakan format penyampaian berita yang tidak lazim, seperti cerita berbasis animasi, narasi berbentuk vlog, penggunaan visualisasi data yang menarik, atau pemanfaatan teknologi virtual atau augmented reality.

Jurnalistik Warga (Citizen Journalism): Menggandeng kontribusi dari para jurnalis warga untuk melaporkan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini dapat menambahkan sudut pandang baru dan memberikan berita yang lebih mendekati perspektif lokal.

Kolaborasi dan Partisipasi: Mendorong partisipasi aktif dari pembaca atau pemirsa dalam proses pembuatan berita, misalnya melalui diskusi daring, polling atau mengumpulkan pertanyaan dari pembaca untuk dijawab dalam artikel atau program.

Kampanye dan Aksi Sosial: Melibatkan diri secara aktif dalam kampanye atau aksi sosial yang terkait dengan isu-isu tertentu, sebagai bentuk pemberitaan yang lebih terlibat dan memiliki dampak positif pada masyarakat.

Pemanfaatan Media Sosial: Menggunakan media sosial secara kreatif untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi dengan mereka melalui berbagai platform.

Tujuan dari pendekatan “out of the box” ini adalah untuk menarik minat dan perhatian pembaca atau pemirsa, serta membangun citra media pers yang lebih inovatif dan menarik. Namun, penting juga untuk tetap mempertimbangkan integritas jurnalistik, objektivitas, dan keakuratan dalam setiap konten yang disajikan, terlepas dari pendekatan metode yang digunakan bentuknya seperti apa!.

Editorial: Redaksi djituberita.com

 

https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185723-2.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *