Tutup
Djitu Berita
IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanBerita Utama

Penyelundupan Pasir Timah, Disinyalir Berton-ton Melalui Ujung Payak Ubi dan Dermaga Jeki Sukadamai

561
×

Penyelundupan Pasir Timah, Disinyalir Berton-ton Melalui Ujung Payak Ubi dan Dermaga Jeki Sukadamai

Sebarkan artikel ini
Foto: Aktivitas Pertambangan PIP di IUP PT Timah Perairan Laut Sukadamai Toboali,(9/5/24) Foto-istimewa

Toboali-Bangka Selatan,Ujung Payak Ubi dan dermaga jeki Sukadamai, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi dugaan saksi jalur penyelundupan pasir timah dari wilayah IUP PT Timah, keterangan ini dari sumber terpercaya saat ditemui sekitar pesisir laut Sukadamai Toboali,Selasa (9/5/24).

Disinyalir dalam sehari, berton-ton pasir timah dijarah Ponton Isap Produksi (PIP) siluman dari IUP PT Timah, di Perairan Sukadamai Toboali. Penyelundupan umumnya terjadi pada sore hari hingga malam, dengan sebagian pasir timah diselundupkan ke luar melalui ujung Payak Ubi dan Pelabuhan jeki Sukadamai.

Selain menjadi akses penyelundupan, dua lokasi tersebut juga menjadi tempat transaksi jual beli timah ilegal. Beberapa timah jarahan juga dibawa ke rumah masing-masing penambang, sebelum diambil oleh kolektor,”sambungnya.

Penyelundupan pasir timah ini melibatkan kaki tangan kolektor yang membeli timah ilegal. Seorang narasumber yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan, “Yang disetor ke PT Timah segelintir dari CV saja, kebanyakan diselundupkan ke luar lewat ujung Payak Ubi dan Pelabuhan Jeki Sukadamai,”ungkapnya.

Sehari jumlahnya bisa berton-ton. Kalau mau lihat dari jam lima sore sampai malam ramai orang bawa timah keluar,”ujar sumber.

Awak media berupaya menelusuri lokasi yang disebut sebagai area penyelundupan pasir timah dan melihat sejumlah penambang turun dari speed lidah, membawa peralatan tambang dan karung putih berisi pasir timah,”pungkasnya.

(Sumber:Babelupdate.com/ Anthoni)
(Rilis: Redaksi Djituberita.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *