Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanBerita daerahPemerintahan

Pemkab Bangka Selatan, Terapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa

236
×

Pemkab Bangka Selatan, Terapkan Sistem Pengawasan Keuangan Desa

Sebarkan artikel ini
Caption: Inspektorat,Dinas Pemdes,Diskominfo Pemkab Bangka Selatan berkolaborasi Terapkan SISWASKEUDES, (Foto - Ist)

Bangka Selatan – Djituberita.com,
Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) atas intruksi Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, S.T., M.Tr.I.P, terhadap implementasi Siswaskeudes, merespon tantangan meningkatkan akuntabilitas keuangan desa dengan langkah proaktif.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa, Pemkab Basel telah mengambil langkah signifikan dengan merencanakan penerapan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes).

Langkah ini merupakan hasil kolaborasi Inspektorat Bangka Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Pemdes) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan.

Inspektur Kabupaten, PD Marpaung, SP., M.Si, menjelaskan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi pengawasan keuangan desa se-Bangka Selatan. Dengan melibatkan Dinas Pemdes dan Dinas Kominfo, diharapkan Siswaskeudes dapat menjadi solusi terpadu dalam memonitor dan membina lebih dari lima puluh desa di wilayah kabupaten Bangka Selatan,”kata Marpaung.

Tujuan akhirnya adalah agar pengelolaan keuangan desa menjadi lebih berkualitas, akuntabel, dan efektif, memberikan dukungan konkrit untuk pembangunan berkelanjutan di tingkat desa,”tambah Marpaung.

Selain itu, Plt. Kadis Kominfo, Yuri Siswanto, SST., MM, menyampaikan bahwa penerapan Siswaskeudes tidak terlepas dari integrasi dengan siskeudes yang sebelumnya telah dioperasikan oleh Dinas Pemdes. Langkah ini dianggap krusial untuk memudahkan Inspektorat dalam pelaksanaan tugas pengawasan keuangan desa,”jelas Yuri.

Lanjut Yuri, Tim IT Dinas Kominfo telah berkomunikasi intens dengan pihak terkait dari Dinas Pemdes dan Inspektorat untuk memastikan integrasi ini berjalan lancar,”tutupnya.

Pemkab Basel bersama OPD terkait, sebelumnya telah menggelar rapat koordinasi teknis pada (9/12024). Acara ini dihadiri oleh Inspektur Kabupaten, PD Marpaung, Plt. Kadis Pemdes Reza Pahlevi, dan Plt Kadis Kominfo Yuri Siswanto. Diskusi intens dalam pertemuan tersebut membahas langkah-langkah praktis untuk mengintegrasikan sistem, memastikan kesiapan teknis dan operasional, serta menegaskan komitmen penuh terhadap penerapan teknologi ini guna meningkatkan pengawasan keuangan desa di seluruh wilayah Bangka Selatan. (Vilzar – red)

Sumber – Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *