IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPemerintahan

Kolaborasi Antar Dinas Pemkab Bangka Selatan: Hemat Anggaran dan Tingkatkan MCP

74
×

Kolaborasi Antar Dinas Pemkab Bangka Selatan: Hemat Anggaran dan Tingkatkan MCP

Sebarkan artikel ini
Caption: kolaborasi antar Dinas Antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Komunikasi dan Informatika,serta Inspektorat Pemkab Bangka Selatan.(Foto - Ist)

Bangka Selatan – Djituberita.com, Kolaborasi antara tiga dinas di Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) telah berhasil menghasilkan efisiensi dalam pengawasan dan pengelolaan keuangan desa, serta meningkatkan penilaian kinerja Pemkab Basel dalam berbagai aspek, termasuk dalam Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah (MCP) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Kamis Siang (22/2/24).

Kabid E-government Diskominfo Bangka Selatan, Metriyopi, S.Ikom, menyampaikan bahwa integrasi antara Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) dan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) telah berhasil dilakukan,”ungkap dia.

Metriyopi juga menyebutkan bahwa integrasi kedua sistem tersebut telah memberikan dampak positif yang signifikan. Proses pengawasan keuangan desa yang sebelumnya memerlukan biaya, tenaga, dan waktu yang cukup besar, kini dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Lanjutnya, data keuangan dari seluruh desa di Bangka Selatan yang diperlukan untuk pengawasan dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui sistem yang sudah terintegrasi, tanpa harus melakukan kunjungan langsung ke lima puluh desa yang ada.

Tak hanya itu, integrasi ini juga berdampak pada peningkatan poin penilaian kinerja Pemkab Basel dalam MCP yang dilakukan oleh KPK RI. Selain itu, peningkatan juga terjadi dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Bangka Selatan.,”kata dia.

Untuk memaksimalkan operasional sistem yang sudah terintegrasi ini, kolaborasi tim antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Inspektorat akan terus dioptimalkan.

Dengan kolaborasi yang baik antara ketiga dinas ini, diharapkan pengelolaan keuangan desa di Bangka Selatan dapat semakin transparan, efisien, dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat,”tutupnya.(Vilzar-red)

Sumber – Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *