IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanSosial

Kadinsos Sumindar: Respon Maraknya ODGJ di Basel, Tantangan dan Upaya Penanganan

858
×

Kadinsos Sumindar: Respon Maraknya ODGJ di Basel, Tantangan dan Upaya Penanganan

Sebarkan artikel ini
Caption: Sumindar, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Bangka Selatan.

Toboali-Djituberita.com, Maraknya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang akhir-akhir ini diberitakan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), menimbulkan keprihatinan Dinas Sosial Bangka Selatan.

Terkait hal ini, Sumindar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kabupaten Bangka Selatan beri respon dan menyadari bahwa minimnya pengetahuan masyarakat tentang gangguan kejiwaan menyebabkan perlakuan yang salah terhadap ODGJ,”ujarnya,Kamis(14/3/24) Siang.

“Bangka Selatan, khususnya Toboali, menarik banyak orang dengan berbagai latar belakang, termasuk yang mencari penghidupan. Ketika mereka tidak memperoleh yang diharapkan, depresi bisa menyerang siapa saja,” kata dia.

Sumindar mengajak masyarakat untuk membantu menangani ODGJ dengan memberi perhatian dan kasih sayang. “Kita butuh kesungguhan penanganan yang serius dari semua pihak,” tegasnya.

Penanganan ODGJ dilakukan secara terencana, memberikan pelayanan dan solusi, edukasi kepada keluarga, menjalin kerjasama lintas sektor, serta melakukan pendampingan rujukan apabila diperlukan,”papar Sumindar dengan serius.

Menurut keterangan data dari Dinas Kesehatan Bangka Selatan pada tahun 2020 menunjukkan bahwa terdapat 290 ODGJ berat dan 72 ODGJ ringan,bukan hal yang mudah untuk ditangani Dinas Sosial,”ungkap Cak Imin Panggilan akrab Kadinsos Basel ini.

Penanganan intensif ODGJ haruslah melibatkan berbagai pihak, termasuk Pol PP, Dinkes, dan Puskesmas, sebelum merujuk ke Dinas Sosial,” jadi intinya penanganan ODGJ tanggung jawab kita bersama,”pungkasnya.

(Vilzar-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *