IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPemerintahan

Bupati Riza Herdavid: Dorong Perekonomian Bangka Selatan dengan Program Inflasi

900
×

Bupati Riza Herdavid: Dorong Perekonomian Bangka Selatan dengan Program Inflasi

Sebarkan artikel ini
Caption: Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, ST., M.Tr.IP,(Foto-Ist).

Bangka Selatan-Djituberita.com, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, ST., M.Tr.IP, mengungkapkan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan untuk mendorong geliat perekonomian sekaligus pengendalian inflasi,Selasa(19/3/24)

Kegiatan tersebut antara lain meliputi monitoring harga komoditas strategis secara harian, program bantuan pangan pemerintah, operasi pasar, bantuan pelaku usaha, pemanfaatan pekarangan dengan budidaya tanaman, serta subsidi ongkos kirim produk ke luar daerah.

Pemkab Bangka Selatan juga dinilai oleh pusat sebagai salah satu daerah yang berhasil dalam pengendalian harga dan inflasi di Indonesia. Hal ini terbukti dengan insentif sebesar 11 miliar lebih yang diterima oleh Pemkab Bangka Selatan.

Untuk itu, Bupati Riza menyatakan bahwa keberhasilan ini akan semakin memotivasi mereka untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sementara itu, Pj. Sekda Bangka Selatan, Haris Setiawan, MT, menambahkan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama unsur Forkopimda rutin berkoordinasi untuk memantau pergerakan harga dan arus distribusi barang.

Selain itu, program bantuan pangan dan gerakan pangan murah terus digelar secara kontinu. Melalui Program Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CCP), telah disalurkan beras sebanyak 171,81 ton ke 5.727 keluarga penerima selama tiga bulan terakhir, dengan total yang akan disalurkan mencapai 343,62 ton,”jelas Plt Sekda Bangka Selatan ini.

Operasi pasar juga sudah beberapa kali digelar dengan total volume berkisar 8 ton, dan akan dilaksanakan kembali dalam waktu ke depan. Bazar pangan murah dan kegiatan AIK BAKUNG juga telah efektif berjalan selama lebih dari satu tahun, memberikan dampak positif dalam menjaga kestabilan harga di desa lokasi AIK BAKUNG dan sekitarnya.

Gerakan pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman cabai juga telah dilakukan. Pada tanggal 18 Maret lalu, Dinas Pertanian bersama pihak BI sudah melakukan panen cabai di Pondok Pesantren Quran Cahaya Desa Rias. Program ini telah memberikan anggaran insentif sebesar 2,8 miliar rupiah dan akan menyebar ke delapan kecamatan di wilayah Bangka Selatan.

Program bantuan kepada pelaku UKM dan program gratis ongkos kirim produk UKM juga sudah mulai dilaksanakan. Sebanyak puluhan UKM diharapkan akan mendapatkan bantuan tersebut, dengan kuota pengiriman produk UKM sekitar 1 ton. Semua program ini diharapkan dapat terus menggeliatkan perekonomian Bangka Selatan.(red)

Sumber-Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *