Tutup
Djitu Berita
IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Berita UtamaPolitik

Telat Mendaftar ! KPUD Bangka Selatan Nyatakan Partai Gelora Tidak Lolos Di Pemilihan Legislatif 2024

1581
×

Telat Mendaftar ! KPUD Bangka Selatan Nyatakan Partai Gelora Tidak Lolos Di Pemilihan Legislatif 2024

Sebarkan artikel ini

DJITUBERITA-BANGKA SELATAN
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bangka Selatan nyatakan, partai politik gelora kabupaten Bangka Selatan besutan Aswandi, tidak lolos tahapan masa pendaftaran dalam peserta Pemilu Serentak 2024 di pemilihan legislatif kabupaten bangka selatan, di waktu detik terakhir penutupan pendaftaran. Karena telat serahkan dokumen berkas bakal calon legislatif DPRD bangka selatan tahun 2024-2029.

Untuk itu,kami kembalikan karena jam yang ditetapkan telah berakhir di jam 23.59 WIB, “kata ketua KPUD bangka selatan Amri dalam konferensi pers di kantor KPUD,minggu malam (14/05/2023)

Amri menyampaikan, pihaknya saat ini tengah melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen pendaftaran dari 16 parpol yang selesai mendaftar dari total 18 peserta yang ada.
Pemeriksaan tersebut terutama bagi partai politik dengan dokumen fisik lengkap bagi yang tidak lengkap berarti masih ada ditahapan perbaikan,” jelasnya.

Tahapan selanjutnya pihaknya pada tanggal 15 mei -23 juni 2023 akan melakukan verifikasi administrasi berkas bakal calon yang telah terdaftar di KPUD bangka selatan,Kita akan meneliti syarat  untuk memenuhi kelengkapan berkas masing bacalon yang di ajukan parpol yang telah terdaftar untuk tahapan perbaikan di tanggal 26 juni 2023 sebelum dinyatakan bakal calon tetap,”kata dia.

Budi wadoyo selaku bagian tehnis penyelenggaran KPUD bangka selatan menambahkan,terkait tidak lolosnya Partai Gelora Bangka Selatan di masa pendaftaran pada detik terakhir penutupan pendaftaran peserta pemilu 2024.

“Kendalanya dikarenakan belum selesai proses upload data aplikasi silon,pihaknya telah memberikan kesempatan waktu agar melakukan sistem manual syarat yang di ajukan sesuai aturan surat PKPU 476.

“Namun setelah diteliti ada syarat yang mereka(partai gelora bangka selatan-red) belum terpenuhi yakni dokumen formulir model (B) daftar calon yang disertai foto diri terbaru yang dilampiri dokumen persetujuan pengajuan bakal calon,tertuang di PKPU pasal (9) ayat (1) nomor (10) tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam bentuk fisik dan digital”jelas Budi.

Ia menambahkan dokumen perbaikan berbentuk fisik Partai Gelora bangka selatan tidak bisa ditunjukkan dengan alasan dokumennya masih di DPN Partai Gelora.

“Jadi kami telah memberikan kesempatan waktu dan ruang untuk perbaikan dokumen fisik/digital pada jam/waktu 22.30 WIB
Di perbaikan sistem manual.

“Tadi hampir satu setengah jam kita saksikan bersama sama dengan Bawaslu Bangka Selatan beserta awak media menunggu sampai waktu penutupan pendaftaran berakhir sampai jam 23.59 WIB.

Ternyata,waktu yang sudah diberikan pihak KPUD Bangka Selatan masih belum juga kelar.

“Berarti kami nyatakan Partai Gelora Bangka Selatan tidak lolos dalam peserta pemilu pemilihan legislatif DPRD Bangka Selatan, setelah diberikan waktu kesempatan perbaikan manual
“tutupnya.

KPUD Bangka Selatan sebenarnya telah berkali-kali katakan pada peserta pemilu 2024 untuk segera mendaftarkan bakal calon legislatif.
Jangan sampai menunggu di hari terakhir masa pendaftaran melalui infomasi media mau pun LO masing masing parpol yang ada.

Perlu diketahui, KPUD Bangka Selatan di tahapan pendaftaran dua pekan berlangsung hingga penutupan malam ini.
Total 18 peserta,16 Parpol yang lolos dan 2 Parpol yang tidak lolos di pemilu 2024 kabupaten Bangka Selatan.

Parpol lolos tahapan pendaftaran caleg yakni:
PDIP, PKS, Perindo, Nasdem, PBB,Demokrat, Gerindra, PKB, PSI, PAN, Golkar, PPP, Buruh, Ummat,Garuda dan PKN

Parpol yang tidak lolos yakni
Gelora dan Hanura.

REDAKSI -DJITUBERITA. COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *