Tutup
Djitu Berita
IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Berita daerahBerita Utama

Penguatan Pengawasan Pemilu 2024,Bawaslu Bangka Selatan, Gelar Bimtek Tingkatkan Kinerja Panwascam hingga PKD

819
×

Penguatan Pengawasan Pemilu 2024,Bawaslu Bangka Selatan, Gelar Bimtek Tingkatkan Kinerja Panwascam hingga PKD

Sebarkan artikel ini

Caption:Ketua Bawaslu Bangka Selatan beri pengarahan ke panwascam dan PKD Se-Bangka Selatan 

DjituBerita.com-Bangka Selatan, Dalam upaya memperkuat kapasitas penyelenggara pemilu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) di Hotel Marina Toboali pada Jumat (23/06/2023). Rapat Bimtek ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Bangka Selatan, Kepala Sekretariat Panwascam serta 53 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Bangka Selatan dan di isi materi narasumber Kepala BKPSDMD Bangka Selatan, Bawaslu Prov.Kepulauan Babel.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplentasikan jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial dalam menjalankan tugas, memperkuat budaya kerja yang solid, integritas, mentalitas, dan profesionalitas, serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam tingkatan pengawas kecamatan, kelurahan, dan desa di Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam penjelasannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Azhari bahwa Bawaslu merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang memiliki kewenangan yang kompleks, mulai dari pencegahan pelanggaran, pengawasan seluruh tahapan pemilu, penanganan pelanggaran pemilu, hingga penyelesaian sengketa proses pemilu. Hal ini menjadikan Bawaslu sebagai penjamin kualitas pemilu.

“Azhari juga menekankan bahwa dalam menghadapi tantangan yang tidak mudah, pembinaan dan pengawasan terhadap pengawas pemilu di semua tingkatan sangat diperlukan. Pembinaan yang baik harus mampu menyesuaikan situasi dan permasalahan sengketa pemilu yang berimplikasi pada kemampuan Bawaslu sebagai lembaga penjamin keadilan pemilu.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan, penyamaan persepsi, peningkatan kapasitas dan kualitas pengawas pemilu, membangun komunikasi, mengorganisasi, dan memberikan bekal kepada jajaran di bawahnya agar dapat menyukseskan Pemilu Serentak 2024.

Kordiv Penanganan Pelanggaran Pemilu dan Penyelesaian Sengketa, Erik SH, menambahkan bahwa langkah ini penting untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan fungsi Panwascam dan PKD terkait pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilu Serentak 2024. Ia berharap agar Panwascam dan PKD di semua tingkatan dapat dipersiapkan dengan baik dalam rangka pencegahan, memahami, dan menguasai kerja-kerja pengawasan, serta melibatkan masyarakat secara massif dalam melakukan pengawasan partisipatif guna mengantisipasi sengketa pemilu jika terdapat laporan dari berbagai kalangan dalam konteks Pemilu 2024,”tutupnya

Redaksi : www.djituberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *