Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPemerintahan

Pemkab Bangka Selatan Peringati Harlah Pancasila dengan Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

141
×

Pemkab Bangka Selatan Peringati Harlah Pancasila dengan Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

Sebarkan artikel ini
Foto-Ist

Toboali-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 di Komplek Perkantoran Terpadu Bupati Bangka Selatan pada Senin (3/6/2024). Tema nasional dalam peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024 ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kasat Satpol PP Gatot Wibowo bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Komandan Upacara dijabat oleh Kajari Bangka Selatan, Rhiama Sihite, SH. Upacara ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, hening cipta, serta pembacaan teks Pancasila oleh Irup dan Pembukaan UUD 1945.

Bupati Bangka Selatan, Riza, dalam pidatonya menyampaikan bahwa tema peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024 ini menggambarkan Pancasila sebagai pemersatu bangsa yang mampu menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya, seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, adalah kekuatan utama kita. Keberagaman adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhineka Tunggal Ika’,” ujar Riza.

Bupati Riza juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Mari kita bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Upacara ini dihadiri oleh Forkopim, pejabat tinggi pratama, administrator, pengawas di lingkungan Pemkab Bangka Selatan, serta Ormas, OKP, TNI, Polri, ASN, Satpol PP, dan pelajar.

Sumber-Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *