Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Artikel

Mengurai Kode Etik Jurnalistik: Fondasi Moral dalam Membangun Berita yang Kredibel

80
×

Mengurai Kode Etik Jurnalistik: Fondasi Moral dalam Membangun Berita yang Kredibel

Sebarkan artikel ini

DJITUBERITA.COM – OPINI, Dalam dunia jurnalisme, integritas dan etika menjadi pondasi utama dalam pembangunan berita yang kredibel. Kode etik jurnalistik merupakan pedoman moral yang mengarahkan setiap langkah jurnalis dalam menyajikan informasi kepada publik. Artikel ini akan menguraikan tiga dasar utama kode etik jurnalistik yang saat ini diterapkan di Indonesia, menyoroti nilai-nilai moral yang memandu seorang jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

1. Kesepakatan 29 Organisasi Pers (14 Maret 2006):
Pada tanggal 14 Maret 2006, terjalinlah kesepakatan monumental di Jakarta yang melibatkan 29 organisasi pers di seluruh Indonesia. Kesepakatan ini menjadi tonggak penting dalam menetapkan standar moral bagi para jurnalis. Dalam kesepakatan ini, salah satu nilai utama yang ditekankan adalah independensi. Sikap independen seorang jurnalis diharapkan dapat menghasilkan berita yang bebas dari intervensi dan paksaan, memastikan bahwa informasi yang disajikan benar-benar akurat dan berimbang.

2. Peraturan Dewan Pers No. 6/Peraturan-DP/V/2008:
Peraturan Dewan Pers No. 6/Peraturan-DP/V/2008 menjadi panduan konkret untuk praktek jurnalisme yang profesional. Dalam peraturan ini, tata cara yang harus diikuti oleh seorang jurnalis dalam menjalankan tugasnya dijelaskan secara rinci. Pentingnya menjaga hak privasi, menghindari suap terhadap narasumber, dan menunjukkan identitas diri kepada narasumber adalah beberapa aspek kunci yang ditekankan. Selain itu, profesionalisme dalam penggunaan informasi dan penghormatan terhadap pengalaman traumatic narasumber menjadi poin krusial dalam menciptakan berita yang berkualitas.

3. Pasal 7 Ayat 2 Undang-Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers:
Undang-Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers memberikan landasan hukum untuk praktik jurnalistik di Indonesia. Pasal 7 Ayat 2 dalam undang-undang tersebut menggarisbawahi kewajiban jurnalis untuk selalu menguji informasi sebelum disajikan kepada publik. Ini menunjukkan bahwa fakta yang akurat dan kebenaran menjadi unsur krusial dalam setiap pemberitaan.

10 Nilai Berita Jurnalistik yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis:
Untuk menciptakan berita yang kredibel, seorang jurnalis harus memahami sepuluh nilai berita jurnalistik yang menjadi pedoman dalam setiap langkah pekerjaannya. Di antaranya adalah sikap independen, keprofesionalan dalam melaksanakan tugas, dan kewajiban untuk selalu menguji informasi sebelum disajikan kepada publik. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai ini, seorang calon jurnalis dapat melangkah dengan keyakinan dalam menyusun berita yang sesuai dengan standar moral dan etika jurnalistik.

Implikasi dan Tantangan dalam Praktik Kode Etik:
Meskipun terdapat landasan yang jelas dalam kode etik jurnalistik, praktiknya seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan. Dalam era digital, di mana informasi dapat menyebar dengan cepat, jurnalis diuji untuk tetap berpegang pada nilai-nilai moralnya. Tantangan ini melibatkan pengujian keberanian untuk tidak menyebarkan berita bohong, menjaga privasi korban kejahatan, dan menolak prasangka dalam pemberitaan.

Kode etik jurnalistik bukan hanya sekadar aturan formal, melainkan adalah komitmen moral setiap jurnalis dalam menyajikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan memahami dan menginternalisasi tiga dasar utama kode etik jurnalistik di Indonesia, jurnalis dapat menjalankan tugasnya dengan integritas dan keprofesionalan. Selain itu, pemahaman akan sepuluh nilai berita jurnalistik menjadi kunci dalam menciptakan pemberitaan yang tidak hanya informatif tetapi juga menghormati hak asasi setiap individu. Dalam menghadapi dinamika media modern, menjaga integritas dan etika menjadi tantangan sekaligus panggilan bagi para penjaga kebenaran dan keadilan, yaitu jurnalis. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *