Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Liputan KhususPariwisata & Budaya

Mengenali Wisata Sejarah Pecinan di Kota Toboali Bangka Selatan

560
×

Mengenali Wisata Sejarah Pecinan di Kota Toboali Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini

DjituBerita.Com-Bangka Selatan
Toboali, yang terletak di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia, memiliki warisan sejarah pecinan yang kaya. Wisata sejarah pecinan Toboali mengajak pengunjung untuk menjelajahi dan mengenal lebih dalam budaya Tionghoa di daerah tersebut. Berikut adalah beberapa tempat wisata sejarah pecinan yang dapat Anda kunjungi di Toboali.

Salah satunya wisata sejarah yang dapat ditemui di kota toboali adalah Kelenteng Kong Hu Chu Dewi Sin mu yang terletak di seputaran Simpang lima(5),kononnya dilansir berbagai sumber kelenteng Dewi Sin Mu kelenteng tertua yang ada di Toboali dan pernah disinggahi oleh Panglima Cheng Ho.
Diperkirakan kelenteng Sin Mu ini sudah ada sejak tahun 1862. Meskipun sudah berusia lebih dari 100 tahun, bangunan kelenteng ini masih berdiri kokoh. Dan keaslian bangunan kelenteng pun masih dijaga dengan baik. Hanya warna cat bangunan saja yang diperbaharui.

Keterangan informasi :kelenteng ini adalah salah satu tempat ibadah keturunan Tionghoa terkenal di Toboali.Kelenteng Kong Hu Chu merupakan pusat kegiatan masyarakat Tionghoa setempat.
Di sini, Anda dapat melihat arsitektur khas kelenteng Tionghoa dengan ornamen-ornamen indah yang melambangkan kepercayaan dan tradisi Tionghoa. Pengunjung dapat menjelajahi area klenteng, berdoa, dan mengagumi keindahan interiornya.

Toko Tionghoa Tradisional: Toboali memiliki beberapa toko Tionghoa tradisional yang masih beroperasi hingga saat ini. Toko-toko ini menawarkan berbagai barang antik, makanan tradisional, dan suvenir khas Tionghoa. Mengunjungi toko-toko ini akan memberikan pengalaman budaya yang unik, di mana Anda dapat melihat dan membeli berbagai barang yang mencerminkan budaya Tionghoa di Toboali.

Rumah Tionghoa Tradisional: Beberapa rumah tradisional Tionghoa yang masih terjaga keasliannya dapat ditemukan di Toboali. Rumah-rumah ini memiliki arsitektur khas Tionghoa dengan elemen-elemen budaya yang kuat. Anda dapat melihat-lihat dan mempelajari sejarah serta budaya masyarakat Tionghoa di Toboali melalui rumah-rumah ini. Beberapa rumah mungkin juga berfungsi sebagai museum atau tempat wisata edukatif.

Festival Budaya Tionghoa: Toboali sering mengadakan festival budaya Tionghoa sebagai upaya untuk mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya Tionghoa di daerah tersebut. Festival ini biasanya menampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional, tarian, musik, karnaval, dan masakan khas Tionghoa. Mengunjungi Toboali selama festival budaya Tionghoa akan memberikan kesempatan untuk merasakan kehidupan budaya yang hidup dan meriah.

Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah pecinan ini, Anda akan dapat mengenal lebih dekat warisan sejarah dan budaya Tionghoa di Toboali. Pastikan untuk memeriksa jadwal festival dan acara khusus lainnya agar Anda dapat mengoptimalkan pengalaman wisata Anda di kota toboali dan stand informasi diwilayah tersebut.

Redaksi: www.djituberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *