Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Artikel

Lucunya Negeri Ini, Alkisah Tentang Desa Maju Mundur

688
×

Lucunya Negeri Ini, Alkisah Tentang Desa Maju Mundur

Sebarkan artikel ini
(Foto Hanya Ilustrasi-Suara.com).

Alkisah-Di sebuah negeri yang kaya akan sumber daya alam, hidup berbagai masyarakat dengan beragam budaya dan tradisi. Namun, di balik keindahan alam dan kekayaan budaya tersebut, tersembunyi berbagai cerita yang tak kalah menarik untuk disimak.

Salah satunya adalah Alkisah tentang sebuah desa bernama Desa Maju Mundur.

Desa Maju Mundur terletak di pinggiran kota besar, dikenal karena keberhasilannya dalam mengembangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Namun, desa ini juga dikenal karena berbagai kejadian lucu dan ironis yang terjadi di dalamnya.

Salah satunya adalah saat pemerintah desa memutuskan untuk membangun jalan baru untuk mempermudah akses ke desa tersebut.

Isu Strategis yang Menarik untuk ditelisik:

Pembangunan Jalan yang Tak Kunjung Selesai:
Pemerintah desa mengalokasikan dana besar untuk pembangunan jalan baru. Namun, alih-alih selesai dalam waktu yang ditentukan, proyek tersebut molor hingga bertahun-tahun. Hal ini disebabkan oleh kontraktor yang sering menghilang, material bangunan yang hilang secara misterius, dan masyarakat yang justru memanfaatkan jalan yang belum jadi untuk beternak sapi.

Program Bantuan UMKM yang Salah Sasaran:

Program bantuan untuk UMKM di Desa Maju Mundur seharusnya membantu para pengusaha kecil untuk berkembang. Namun, bantuan tersebut justru jatuh ke tangan para pengusaha besar yang memiliki koneksi dengan pejabat desa. Alhasil, para pelaku UMKM kecil justru semakin terpuruk, sementara para pengusaha besar menikmati keuntungan tanpa perlu berusaha keras.

Proyek-Proyek Infrastruktur:

Desa ini juga memiliki proyek irigasi yang bertujuan untuk mengairi sawah-sawah di sekitarnya. Namun, karena perencanaan yang buruk dan eksekusi yang sembarangan, proyek tersebut justru menyebabkan banjir di seluruh desa. Warga pun terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, sementara sawah-sawah mereka terendam air.

Kampanye Anti Korupsi yang Menjadi Ajang Korupsi:

Di desa ini, kampanye anti korupsi dilakukan dengan semangat yang tinggi. Ironisnya, dana kampanye anti korupsi tersebut justru dikorupsi oleh panitia pelaksana. Poster-poster anti korupsi terpampang di setiap sudut kantor instansi, namun tak ada satupun yang menyadari bahwa korupsi justru terjadi di balik layar.

Analisis dan Potensi Solusi:

Cerita-cerita lucu dan ironis dari Desa Maju Mundur ini mencerminkan berbagai masalah yang sering terjadi di negeri ini. Isu-isu strategis seperti korupsi, salah sasaran program bantuan, dan proyek infrastruktur yang tak terencana dengan baik, merupakan hal-hal yang perlu ditelisik lebih dalam.

Pengawasan dan Transparansi:

Meningkatkan pengawasan dan transparansi dalam pelaksanaan proyek pemerintah, serta melibatkan masyarakat dalam pengawasan.
Mengedukasi masyarakat tentang bahaya korupsi dan pentingnya integritas melalui program-program yang efektif.

Evaluasi Program Bantuan: Melakukan evaluasi secara berkala terhadap program-program bantuan untuk memastikan bahwa sasaran program adalah mereka yang benar-benar membutuhkan.

Desa Maju Mundur mungkin hanyalah sebuah ilustrasi cerita klasik ,namun kejadian-kejadian yang digambarkan di dalamnya tidak jauh dari realitas yang terjadi di banyak tempat distrik pemerintahan entah itu pemerintah Desa ataupun Pemerintah kabupaten/kota.

Mengatasi isu-isu strategis ini memerlukan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Hanya dengan begitu, negeri ini bisa benar-benar maju tanpa harus mundur lagi.

(Editor/Penulis-Vilzar Djituberita.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *