Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPilkada 2024

KPU Bangka Selatan Adakan Bimtek Pemutakhiran Data untuk 40 PPK dan 159 PPS

261
×

KPU Bangka Selatan Adakan Bimtek Pemutakhiran Data untuk 40 PPK dan 159 PPS

Sebarkan artikel ini
Giat Bimtek KPU Bangka Selatan di Gedung Serbaguna Perkantoran Terpadu Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan,(Foto-Ist).

Toboali-Bangka Selatan-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk peserta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Bangka Selatan dan jelang Pilkada Bangka Selatan serentak, Kegiatan ini berlangsung pada Rabu siang (19/6/2024) di Gedung Serba Guna Perkantoran Terpadu Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam keterangannya komisioner KPU Bangka Selatan Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Rahmad Nadi, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan mempersiapkan pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta E-coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada serentak tahun 2024.

“Kami mengundang seluruh PPK dan PPS dengan total peserta sekitar 199 orang, terdiri dari 40 orang PPK dan 159 orang PPS. Tujuan kegiatan bimtek ini adalah memberikan pemahaman kepada PPK dan PPS terkait pemutakhiran data pemilih, sehingga nantinya pelaksanaan di lapangan sudah sesuai dengan aturan dan harapan KPU RI,” ujar Rahmad Nadi.

Rahmad juga menambahkan bahwa pemutakhiran data pemilih merupakan tahap penting dalam persiapan Pilkada 2024, yang akan diselenggarakan pada 27 November. KPU merencanakan bahwa kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) akan dilaksanakan mulai 24 Juni hingga 24 Juli secara serentak se-Indonesia.

“Untuk Pilkada Bangka Selatan tahun 2024, akan disediakan 296 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan maksimal 600 pemilih per TPS. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menyediakan 555 TPS dengan kapasitas 300 pemilih per TPS,” jelas Rahmad.

Bimtek ini diharapkan dapat memastikan semua masyarakat yang memiliki hak pilih terdaftar dalam Pilkada Bangka Selatan nanti, sehingga proses pemilihan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.(*)

Editor-Vilzar Djituberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *