Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185723-1.jpg
Berita NasionalBerita UtamaSosial

Kemensos RI Berikan Bantuan 26 Kapal Tangkap Ikan 5 GT senilai Rp. 6,7 Miliar untuk Nelayan Bangka Selatan

572
×

Kemensos RI Berikan Bantuan 26 Kapal Tangkap Ikan 5 GT senilai Rp. 6,7 Miliar untuk Nelayan Bangka Selatan

Sebarkan artikel ini

Foto: Kunker Menteri Sosial Tri Rismaharini, ke Provinsi Bangka Belitung

DjituBerita.Com-Sungaliat Bangka
Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, ke Provinsi Bangka Belitung memberikan dampak positif di sektor perikanan di Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Selatan. Dalam kunjungannya, Menteri Sosial menyerahkan bantuan berupa kapal tangkap ikan kepada nelayan setempat dengan tujuan untuk memberdayakan mereka dan meningkatkan pendapatan ekonomi lokal.

Iklan politik
https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185517.jpg

Selain kabupaten Bangka yang menerima bantuan dari Kemensos RI,untuk kabupaten Bangka Selatan juga menerima bantuan sebanyak 26 unit kapal tangkap ikan dengan ukuran 5 GT, senilai Rp. 6.743.102.250,-.

Bantuan ini diterima langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid dalam acara serah terima di Kampung Nelayan 1, Sungailiat, Kabupaten Bangka pada selasa siang (4/7/2023)

Selain memberikan bantuan kapal tangkap ikan, Menteri Sosial Risma juga memberikan himbauan kepada masyarakat nelayan untuk meningkatkan strategi pemasaran.

“Beliau menyadari bahwa pemasaran yang baik sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk perikanan. Nelayan perlu memahami tuntutan pasar, tren konsumen, dan memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan hasil tangkapan nelayan,”tutur Risma pada awak media.

Menteri Sosial Risma, juga turut mendorong supaya kelompok nelayan membentuk koperasi sebagai wadah kerjasama antara nelayan untuk saling mendukung dan meningkatkan daya saing produk perikanan.

Dalam koperasi nelayan tesebut dapat memperoleh manfaat kolaborasi dalam pemasaran, pengadaan peralatan, serta akses ke pelatihan dan bantuan teknis dari pemerintahan setempat, dampak positifnya akan membantu meningkatkan kemampuan nelayan dalam menghadapi persaingan pasar,”jelas Risma.

Selain itu, Menteri Sosial juga mendorong peran ibu-ibu dalam masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi. Beliau menganjurkan agar para ibu-ibu nelayan dapat mengembangkan kerajinan atau produksi rumah tangga yang berkaitan dengan sektor perikanan. Dengan demikian, para ibu-ibu dapat berkontribusi secara ekonomi dan meningkatkan pendapatan keluarga mereka,”pesan ibu menteri.

Dikesempatan yang sama Bupati Bangka selatan Riza Herdavid mengungkapkan dengan adanya bantuan kapal tangkap ikan untuk nelayan dari kementerian sosial ini  diharapkan dapat meningkatkan kapasitas nelayan dalam menangkap hasil laut yang melimpah, sehingga berdampak positif terhadap penghasilan dan kesejahteraan mereka,”kata dia.

Bantuan kapal tangkap ikan untuk nelayan dari kementerian sosial, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas nelayan dalam menangkap hasil laut yang melimpah, sehingga berdampak positif terhadap penghasilan dan kesejahteraan mereka,”

Dengan bantuan kapal tangkap ikan, juga untuk meningkatkan pemasaran, dukungan terhadap kerajinan dan produksi rumah tangga, serta promosi koperasi, sektor perikanan di Kabupaten Bangka Selatan dapat berkembang dengan pesat.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, berharap hasil produksi perikanan di kabupaten Bangka Selatan memiliki nilai daya saing yang tinggi.
Selain itu, potensi ekonomi lokal akan terstimulasi melalui pembentukan koperasi dan pengembangan kerajinan serta produksi rumah tangga yang terkait dengan sektor perikanan dan kelautan Bangka Selatan,’”pungkas Riza.

Keterangan informasi:dalam lawatan dua (2) hari kunjungan kerjanya Menteri Sosial Republik Indonesia,Tri Rismaharini ke provinsi Bangka dalam rangka memberi bantuan jaminan sosial ke nelayan setempat.

Redaksi : www.djituberita.com

https://djituberita.com/wp-content/uploads/2024/03/IMG_20240303_185723-2.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *