Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanPilkada 2024

Jelang Pilkada, Bawaslu Lantik 24 Panwascam, Amri: Ingatkan Mematuhi Tahapan

354
×

Jelang Pilkada, Bawaslu Lantik 24 Panwascam, Amri: Ingatkan Mematuhi Tahapan

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Pelantikan Panwascam Bangka Selatan,(Foto-Ist).

Toboali-Jelang Pilkada Serentak pada 27 November 2024 nanti, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan Amri resmi melantik Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Marina Hotel Toboali pada Sabtu pagi,(25/5 2024).

Dalam Pernyataannya, Amri menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang hadir, termasuk rekan-rekan dari ormas KNPI, Muhammadiyah, NU, serta rekan-rekan media dari perwakilan Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Sahirin.

Amri menekankan pentingnya koordinasi dan sinergi dalam mengawal proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pelantikan Panwascam kali ini merupakan bagian dari tahapan yang berlangsung pada 24 dan 25 Mei 2024, yang dilaksanakan serentak di seluruh Bangka Belitung, termasuk di Pangkalpinang dan enam kabupaten lainnya.

Ketua Bawaslu mengingatkan pentingnya menjunjung tinggi dan melaksanakan semua tahapan sesuai ketentuan,”harapnya.

Dari 24 Panwascam dari 8 Kecamatan yang dilantik, 18 adalah anggota lama, sementara 6 lainnya adalah anggota baru. Sebagian besar anggota Panwascam ini memiliki latar belakang sebagai penyelenggara pemilu di tingkat PKD dan TPS, serta dari kalangan akademisi.

Amri mencatat bahwa terdapat peningkatan partisipasi perempuan, dengan penambahan dua anggota perempuan dari Kecamatan Simpang Rimba dan Kecamatan Tukak Sadai.

Ketua Bawaslu juga menyampaikan evaluasi terhadap pelamar baru, di mana dari 28 pelamar baru, hanya 24 yang lolos seleksi. Dalam proses seleksi, Ketua Bawaslu menekankan pentingnya kualitas dan kebutuhan jumlah anggota Panwascam sesuai dengan kebutuhan di setiap kecamatan.

Pelantikan ini juga disertai dengan pembekalan untuk anggota Panwascam yang baru dilantik, untuk memastikan kesiapan mereka dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilu,”kata Amri.

Acara ditutup dengan pemutaran video sambutan dari Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang mengucapkan selamat kepada 141 pengawas pemilu kecamatan yang dilantik di seluruh wilayah provinsi.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat atas dilantiknya 141 pengawas pemilu kecamatan di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mari kita kawal demokrasi dan seluruh tahapan bersama, menjunjung nilai-nilai demokrasi,” tutup Ketua Bawaslu Provinsi dalam videonya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan mengakhiri sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada semua tamu undangan yang telah hadir, dan memohon maaf atas segala kekurangan dalam acara tersebut.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk perwakilan Polres Bangka Selatan, Dandim 0432 Bangka Selatan, Ketua KPU Bangka Selatan, Perwakilan  Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, perwakilan dari Kajari dan Perwakilan DPRD Kabupaten Bangka Selatan, serta para camat yang diundang. (Vilzar-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *