IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanBerita Utama

Jalan Setapak Wisata Laut Nek Aji Amblas, Pengunjung Diharapkan Waspada

2119
×

Jalan Setapak Wisata Laut Nek Aji Amblas, Pengunjung Diharapkan Waspada

Sebarkan artikel ini
Caption: Kondisi terkini amblasnya jalan setapak di kawasan wisata laut nek aji Toboali Bangka Selatan.((Foto-Ist)

Toboali-Djituberita.com, Jalan setapak di tepi pantai Wisata Laut Nek Aji Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, mengalami amblas hingga ratusan meter.

Pengunjung yang melewati kawasan tersebut diharapkan waspada, terutama karena tidak ada garis pengaman dan lampu penerangan di malam hari.

Diduga, penyebab amblasnya jalan setapak akibat hujan deras dan pasang laut, terpantau dari Djituberitacom pada Kamis (14/3/24) Sore, terlihat bahwa jalan setapak tersebut terbelah dan runtuh ke bawah.

Semula tadinya talud pantai yang telah dimodifikasi menjadi jalan setapak di kawasan tapak wisata mengalami rusak parah, hampir separuh di antaranya amblas karena fondasi atau konstruksinya tergerus oleh hujan deras dan gelombang pasang dari tepi laut.

Suyati, seorang pedagang yang berjualan di tepi amblasnya jalan setapak, mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi hampir seminggu yang lalu.

Dia berharap ada perbaikan yang dilakukan agar para pedagang dapat berjualan tanpa kekhawatiran, dan tentu saja agar tidak ada korban atau pengunjung yang terperosok ke dalam.

Terpisah Elfan Rulyadi, Plt Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangka Selatan sekaligus merangkap Kadis Pendidikan dikonfirmasi menyatakan bahwa pihaknya segera memperbaiki kerusakan jalan setapak yang amblas.

“Ia menjelaskan bahwa sudah ada laporan mengenai kerusakan talud di kawasan tepi pantai Wisata Laut Nek Aji, dan dalam beberapa hari ke depan, tim PUPR Bangka Selatan akan dikirim untuk melakukan pengecekan untuk di kalkulasi biaya perbaikan sampai sejauh mana tingkat kerusakannya,”pungkas Elfan.

Elfan juga mengungkapkan bahwa talud dan infrastruktur di kawasan Wisata Laut Nek Aji masih menjadi kewenangan dan pengawasan aset PUPR Kabupaten Bangka Selatan, meskipun berada di tapak wisata.

Untuk memastikan kenyamanan pengunjung, Elfan menyarankan agar kedepannya tapak wisata kawasan pantai laut Nek Aji dikelola oleh pihak ketiga yang dapat merawat fasilitas publik di kawasan tersebut,”tutup Elfan.

(Vilzar-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *