Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
AgamaBerita daerah

Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama: Wabup Debby Tetapkan Desa Payung Sebagai Kampung Moderasi

305
×

Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama: Wabup Debby Tetapkan Desa Payung Sebagai Kampung Moderasi

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – (DJITUBERITA)
Wakil Bupati Bangka Selatan,
Debby Vita Dewi, S.E, meluncurkan Desa Payung sebagai Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Bangka Selatan. Peluncuran ini berlangsung di Gedung Serbaguna Kecamatan Payung,Selasa siang (25/7/23).

Dalam sambutannya atas izin Bupati, Wabup Debby mengapresiasi semua pihak yang telah berperan dalam kesuksesan acara ini, khususnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang telah bekerja sama untuk mewujudkan kerukunan umat beragama, dengan menjadikan Desa Payung sebagai percontohan Kampung Moderasi Beragama di wilayah kabupaten tersebut,”tuturnya.

Wabup Debby juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan tengah giat membangun di berbagai bidang dan terus berinovasi agar tetap mampu bersaing di tingkat global. Salah satu fokus utamanya adalah pembangunan di bidang agama, karena agama dianggap sebagai tolak ukur kesejahteraan lahir dan batin masyarakat.

“Ia meyakini bahwa dengan menanamkan nilai-nilai agama di tengah keluarga dan masyarakat, kehidupan yang bermakna dan indah dapat dirasakan oleh semua. Wabup Debby juga menyatakan keyakinannya bahwa Kabupaten Bangka Selatan akan terus maju dan mencapai kesuksesan yang diimpikan bersama, dengan semangat “Asak Kawa Kite Pacak,”
Harapnya.

Wabup Debby juga merasa bersyukur karena Kabupaten Bangka Selatan mencerminkan miniatur Indonesia dengan beragam suku dan enam agama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghuchu) yang hidup berdampingan secara harmonis. Saat ini, telah tercipta suasana rukun dan damai tanpa ada perselisihan berkenaan dengan agama. Ia berharap keadaan harmonis seperti ini akan selalu dilestarikan dan dijaga agar tidak terpengaruh oleh kepentingan yang mengatasnamakan agama.

Wabup Debby menyambut baik penetapan Desa Payung sebagai contoh Kampung Moderasi Beragama, mengingat desa ini menjadi tempat tinggal bagi berbagai agama dan ras yang hidup berdampingan. Selama ini, Desa Payung telah mencatatkan sejarah tanpa ada konflik berarti dan relatif damai serta aman terkendali. Oleh karena itu, penetapan ini dianggap sebagai langkah tepat oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam penutup sambutannya, Wabup Debby berharap Kepala Desa Payung bersama jajarannya dapat menjalankan program unggulan dengan baik, sehingga Desa Payung dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama.

Sumber – Kominfo Bangka Selatan
Publishare – djituberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *