Tutup
Djitu Berita
IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanBerita UtamaEkonomi

H-2 lebaran, Harga Daging Sapi Tembus 140 -150 Ribu Perkilo di Pasar Toboali

1141
×

H-2 lebaran, Harga Daging Sapi Tembus 140 -150 Ribu Perkilo di Pasar Toboali

Sebarkan artikel ini
Caption: Kondisi terkini pasar rakyat rakyat di kawasan terminal Toboali jelang Idulfitri 1445 H.(8/4/24)

Toboali-Djituberita.com, H-2 Lebaran Idul Fitri 1445 H, harga daging sapi di Pasar Rakyat Toboali, Bangka Selatan, terpantau merangkak naik,Senin (8/4/24) pagi.

Salah satu pedagang di pasar di kawasan terminal Toboali mengatakan bahwa harga daging sapi di lapaknya tembus mencapai kisaran Rp 140-150 ribu per kilogram. Urip pedagang daging sapi menyampaikan kepada media Djituberita.com.

Caption:Urip pedagang daging sapi.

Menurut Urip, sebelumnya harga daging sapi berada dalam kisaran normal Rp 110-120 ribu per kilogram. Namun, mulai naik sejak awal bulan puasa dan mendekati Lebaran, harga tersebut kembali meningkat. Ia menjelaskan bahwa kenaikan ini bukan karena stok yang terbatas, melainkan karena harga sapi hidup yang didatangkan dari luar Toboali mengalami kenaikan.

Pedagang daging lainnya, Yanto, juga menjelaskan bahwa kenaikan harga daging sapi menjelang Lebaran merupakan hal yang biasa terjadi. Permintaan yang tinggi menjelang Lebaran membuat harga komoditas pangan di pasar naik. Untuk modal saja, kata Yanto, mereka harus mengambil dari agen daging sapi dengan pembelian secara kiloan. Untuk modal harian saja, mereka harus mengeluarkan sekitar Rp 135 ribu.

Caption: Yanto pedagang daging sapi.

Yanto menambahkan bahwa kenaikan harga daging sapi menjelang Lebaran telah menjadi hal yang biasa. Namun, ia menegaskan bahwa harga daging sapi  tidak mengalami kenaikan signifikan dan hampir sama dengan lebaran Idulfitri tahun lalu,”terangnya.

Untuk Harga ayam potong hanya dibandrol Rp 32 ribu per kilogram, sedikit naik dari harga sebelumnya sebesar Rp 30 ribu per kilogram.

Pedagang ayam potong, Yuk Yanti, menjelaskan bahwa kenaikan harga ayam potong tidak terlalu mengalami kenaikan karena stok ayam dari pemasok masih melimpah di kandang.

Caption: Yuk Yanti pedagang ayam potong.

Hal ini membuat harga ayam potong stabil meskipun menjelang Lebaran.

Kenaikan harga daging sapi menjelang Lebaran menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat, terutama dalam merencanakan pembelian daging untuk keperluan Lebaran.

Kendari demikian, kenaikan harga ini diharapkan tidak mengganggu keselamatan pangan dan ketersediaan daging untuk khususnya masyarakat Toboali.

Sebagai tambahan pantauan media Djituberita.com hari ini, kondisi pasar di wilayah Kota Toboali kabupaten Bangka Selatan ramai menjelang Lebaran juga mencerminkan semangat perayaan Idul Fitri tahun ini.

Meskipun harga daging sapi dan komoditas pangan lainnnya cenderung trend mengalami kenaikan, semangat untuk merayakan Lebaran tetap tinggi di kalangan masyarakat.

Dengan demikian, harga daging sapi yang naik menjelang Lebaran di Pasar Rakyat Toboali, Bangka Selatan, menjadi bagian dari dinamika pasar menjelang hari raya.

Caption: Kesibukan padat para pedagang pasar rakyat di kawasan terminal Toboali kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diharapkan kenaikan harga dibeberapa komoditas pangan tersebut tidak mempengaruhi belanja Lebaran masyarakat, meski ekonomi masyarakat lokal sedang melesu.” Semoga semangat merayakan Idul Fitri 1445 H tetap tinggi di kalangan masyarakat Toboali.

(Vilzar-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *