DJITUBERITA.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Selatan hadir di pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan,12-17 September 2023.

Pameran ini merupakan bagian dari agenda tahunan Dewan Kerajinan Nasional yang diwujudkan melalui pameran karya-karya tangan para pengrajin lokal. Dengan mengusung tema rumah adat dan batik daerah yang unik pada dekorasi standnya, tampak beberapa kerajinan lokal yang dipromosikan di pajang dengan menarik.

Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara dibuka secara resmi oleh Ibu Iriana Joko Widodo, pada Rabu (13/09) merupakan wadah bagi para pengrajin daerah untuk memamerkan dan menjual produk-produk kerajinan tangan mereka. Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya daerah. Pengunjung pameran akan memiliki kesempatan untuk melihat dan membeli berbagai macam kriya, seperti anyaman, ukiran kayu, dan perhiasan tradisional yang dibuat dengan teliti oleh para pengrajin yang berbakat se-Indonesia.

Salah satu daya tarik utama dari pameran ini adalah keunikan produk-produk yang dipamerkan. Kriyanusa memadukan unsur tradisional dengan desain modern, menciptakan karya seni yang indah dan berharga. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin, memahami proses pembuatan, dan bahkan belajar untuk membuat beberapa kriya sederhana.

Pameran Kriyanusa ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memamerkan bakat mereka tetapi juga untuk mempromosikan keindahan dan keragaman budaya. Ini juga merupakan platform yang penting untuk mendukung ekonomi lokal dengan memberikan peluang kepada para pengrajin untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan produk-produk kriya mereka.

Acara ini diharapkan akan menarik perhatian pengunjung dari berbagai latar belakang, baik pecinta seni, penggemar kerajinan tangan, maupun wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat budaya Bangka Selatan. Dengan demikian, pameran Kriyanusa di JCC Senayan menjadi ajang yang penting untuk mempromosikan kekayaan budaya dan seni dari Bangka Selatan kepada dunia.

Ketua Dekranasda Bangka Selatan, Ibu Ellizia Herdavid , mengikuti pameran ini adalah bukti nyata komitmen dalam melestarikan warisan budaya dan mendukung pengrajin lokal. Dengan menghadirkan kriya-kriya unik dari daerah untuk memperkuat identitas Bangka Selatan dalam kancah nasional maupun internasional.” jelasnya Ketua Dekranasda Bangka Selatan,” Ellyzia Herdavid.

Dekranasda Bangka Selatan dan semua pengrajin yang berpartisipasi dalam pameran ini berharap agar Kriyanusa dapat menjadi ajang yang sukses dan dapat terus berlanjut di masa mendatang, sehingga keindahan dan kekayaan budaya Bangka Selatan dapat terus diapresiasi oleh generasi-generasi mendatang.

Sumber: Dinas Kominfo Bangka Selatan

Djituberita.com