Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka SelatanKuliner/wisata

Sambal Hancur, Sensasi Pedas Tradisional dari Toboali yang Bikin Lidah Bergoyang

194
×

Sambal Hancur, Sensasi Pedas Tradisional dari Toboali yang Bikin Lidah Bergoyang

Sebarkan artikel ini
(Foto-Ist)

Kuliner Toboali-Sambal Hancur, atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Toboali Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai “hambel ancer,” memiliki cita rasa yang khas dengan aroma terasi Toboali dari udang rebon kecil hasil tangkapan nelayan lokal,Minggu (2/6/2024).

Cara membuatnya sangat sederhana dan tradisional. Bahan-bahannya mudah ditemukan, hanya membutuhkan ,cabe rawit yang tidak perlu diulek, terasi asli Toboali, beberapa siung bawang merah yang dibakar, garam, gula sedikit, penyedap rasa, dan jeruk nipis. Semua bahan diaduk merata dan disiram air panas secukupnya, kemudian diremas-remas hingga tercampur rata. Hasilnya adalah sambal dengan kelezatan luar biasa yang siap menggoyang lidah.

Untuk para kaum ibu yang gemar mencoba resep baru, sambal hancur ini wajib dicoba. Prosesnya yang sederhana namun menghasilkan rasa yang luar biasa membuat sambal ini menjadi favorit banyak orang di Toboali.

Sambal hancur ini tidak hanya lezat sebagai pelengkap nasi hangat, tetapi juga cocok disandingkan dengan berbagai hidangan laut segar khas Bangka Selatan. Kombinasi antara pedasnya cabe rawit, aroma bawang merah bakar, dan asam segarnya jeruk nipis menciptakan harmoni rasa yang sulit dilupakan.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Toboali, sambal hancur menjadi salah satu kuliner wajib di coba yang menawarkan pengalaman rasa otentik dari budaya lokal. Sambal ini juga sering menjadi oleh-oleh favorit karena keunikannya dan kelezatannya yang menggugah selera.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba sambal hancur khas Toboali dan rasakan sensasi pedasnya yang menggoda! Selamat mencoba dan selamat menikmati!

(Editor-Vilzar Djituberita.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *