IMG_20240303_185723
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Bangka Selatan

Pemkab Bangka Selatan: Bakal Bangun Alun-Alun Kota Toboali

58
×

Pemkab Bangka Selatan: Bakal Bangun Alun-Alun Kota Toboali

Sebarkan artikel ini
Caption: Rancangan Gambar infrastruktur public space.(Foto-Sumber Kominfo)

Toboali-Bangka Selatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terus berupaya menggeliatkan ekonomi masyarakat di berbagai lini. Selain memberikan bantuan kepada masyarakat dan pelaku UMKM serta menyelenggarakan even, Pemkab juga konsisten membenahi wajah Kota Toboali dengan menyediakan public space yang berestetika.

Beberapa tahun terakhir, penataan wajah kota Toboali telah digalakkan. Sudah dibangun beberapa publik space seperti Himpang Lime, Tugu Adipura, Kulong Bakung, Himpang Nanas, Gerbang Udang Kota Toboali, Penataan Areal Perkantoran, dan Pedestrian Jalan Sudirman. Tahun ini, Pemkab memprioritaskan penataan Kawasan Benteng Toboali dengan pembangunan taman dan wahana permainan. Penataan ini merupakan aspirasi masyarakat yang telah disuarakan selama belasan tahun.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, ST., M.Tr.IP, menyatakan bahwa pembangunan landscape taman dan wahana permainan di Kawasan Benteng Toboali akan menjadikan kawasan ini sebagai kebanggaan masyarakat Bangka Selatan. Ia juga menekankan pentingnya melihat pembangunan ini secara utuh, tidak parsial, karena penataan wajah kota Toboali merupakan bagian dari program penyelenggaraan even dan bantuan UMKM,”(4/4/24)

Dulu, Toboali sering dianggap sebagai “Kota Belum Sampai, Kampung Sudah Lewat,” tetapi kini stereotip tersebut mulai terhapus. Image Toboali yang memiliki public space yang berestetika sudah tersebar di luar daerah, bahkan di luar Bangka Belitung. Pembangunan taman kota ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan interaksi jual beli, serta menggeliatkan perekonomian daerah.

Selain membangun infrastruktur public space, Pemkab Bangka Selatan juga memberikan bantuan dan fasilitasi kepada masyarakat dan pelaku usaha, termasuk menjamin pasokan barang kebutuhan masyarakat, mengendalikan harga dan inflasi. Pemkab juga berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti pemerintah pusat dan provinsi, BUMN, Pertamina, Bulog, dan Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Bangka Selatan bisa terus berkembang, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta menghapus stereotip negatif yang melekat pada Kota Toboali.

Sumber-Kominfo Bangka Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *