Tutup Video
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
Berita NasionalBerita UtamaPolitik

Jelang Debat Ketiga Capres: Penegasan Bawaslu & Persiapan KPU

171
×

Jelang Debat Ketiga Capres: Penegasan Bawaslu & Persiapan KPU

Sebarkan artikel ini
Caption: Capres dan Cawapres Pemilu 2024. (Foto - Laman KPU RI) di Sunting Redaksi Djituberita.com

DJITUBERITA.COM – Jelang debat ketiga capres di Istora Senayan pada minggu (7/1/24) malam pukul 19.00 WIB.
“Dalam hal ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menekankan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa point, termasuk memastikan surat izin cuti menteri kabinet yang turut hadir dalam debat.

Hal ini disampaikan dalam surat nomor 1075/PM.00.00/K1/12/2023 pada 28 Desember 2023.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu, Lolly Suhenty, menyatakan pentingnya memastikan surat izin cuti bagi pejabat negara yang terlibat sebagai tim kampanye capres dan cawapres saat menghadiri acara debat.,”katanya dikutip laman berbagai media online.

“Bawaslu juga meminta kepada KPU agar memberikan akses penuh terhadap pengawasan debat, mengingat pada debat sebelumnya, pengawasan tidak optimal. Bawaslu berharap untuk memiliki akses penuh dan meminta KPU untuk memberikan akses tersebut kepada Tim Pengawas Pemilu sesuai dengan surat tugas yang diterbitkan Bawaslu.

Sementara itu, KPU telah menetapkan sebanyak sebelas orang panelis untuk debat capres ketiga ini setelah rapat dengan tim kampanye paslon dan media penyelenggara di Kantor KPU RI. Komisioner KPU RI, August Mellaz, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima konfirmasi dan kesediaan dari 11 panelis.

Debat ketiga ini akan mempertimbangkan enam sub tema, yakni pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Terkait dengan persiapan, kesebelas panelis debat ketiga capres 2024 akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan daftar pertanyaan yang sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. (***)

Sumber – Dilansir Berbagai Sumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *