Tutup
Djitu Berita
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
WhatsApp Image 2024-02-01 at 14.25.18
PlayPause
FeatureLiputan Khusus

Ada Kampung Janda, Mau Cari Jodoh? Tak Perlu Ragu, Segera Datanglah Ke Desa Ini

1248
×

Ada Kampung Janda, Mau Cari Jodoh? Tak Perlu Ragu, Segera Datanglah Ke Desa Ini

Sebarkan artikel ini

DJITUBERITA.COM – Mendengar nama Kampung Janda, pasti yang terlintas di pikiran adalah wanita-wanita yang hidup tanpa suami. Sayangnya dugaan itu benar adanya di Desa Ciburayut Kabupaten Bogor terdapat salah satu kampung yang di huni rata-rata wanita tanpa suami, dilansir dari JABARNEWS.COM, jumat (24/11/2023)

Desa Ciburayut merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Cijeruk yang sekarang menjadi Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat tepatnya terletak di daerah perbukitan, Desa Ciburayut terkenal dingin sebab suhu udaranya berkisar 25 – 27 celcius.

“Banyak yang tidak tahu Desa Ciburayut memiliki julukan Kampung Janda. Pasalnya salah satu kampung bernama Kampung Panyarang di Desa Ciburayut di isi oleh 30 keluarga yang semuanya merupakan para wanita yang sudah tak memiliki suami. Apalagi janda-janda tersebut berusia belia nan jelita

Dari kondisi lingkungan, Kampung Janda masih terbilang asri, udara yang sejuk, perbukitan yang hijau, bisa memanjakan para pengunjung yang datang. Belum lagi keberadaan para wanita di kampung ini yang ramah, bisa saja  para lelaki yang datang kepincut.

Penasaran kan ? dengan keindahan Kampung Janda,Tak Perlu ragu Segera Datanglah Ke Desa Ini,”ucap warga setempat.

“Salah satunya seorang janda bernama Pupuh Siti Puadiah (21) tahun, yang berprofesi sebagai tenaga posyandu di desanya yang tinggal di desa ciburayut Kabupaten Bogor, mengakui betapa sulitnya menjadi seorang ibu  bagi anak-anaknya semenjak berpisah dengan suaminya.

Meskipun banyak wanita di kampung tersebut yang berstatus janda, julukan ‘kampung janda’ membuat kekhawatiran dan ketidaknyamanan di kalangan warga setempat. Pupuh bersama tokoh masyarakat berusaha untuk menghilangkan atribut julukan tersebut.

Pupuh, kendati tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah janda di kampungnya, Pupuh juga aktif dalam mendata warga yang berstatus janda untuk mendapatkan bantuan untuk membantu pendataan petugas sensus dari unsur pemerintahan setempat. Dia juga mengungkapkan bahwa latar belakang status janda wanita di kampung dimana ia terlahir tersebut beragam, mulai dari kematian suami akibat bencana longsor hingga perceraian.

Julukan ‘kampung janda’ yang melekat pada desa ciburayut Kabupaten Bogor, sudah ada sejak tahun 90-an. Beberapa peristiwa termasuk longsor yang merenggut nyawa puluhan pria di kampung tersebut, menjadi alasan lainnya penyebab banyak wanita di sana untuk menjadi  status menjanda.

Dengan demikian warga kampung  tersebut pun enggan membicarakan asal-usul julukan tersebut mengapa dan bagaimana ? bahwa ada tersiar kabar dengan julukan kampung janda hingga Ke pelosok desa lain,”kisah Pupuh. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *